Minggu, 26 Juni 2011

Visi, Misi, Value


Seorang dosen saya pernah berkata bahwa kita hidup itu harus mempunyai visi dan misi agar terarah. Sebuah perusahaan pasti mempunyai visi misi demi kemajuan dan ketenaran perusahaan tersebut. Tetapi sering kali antara keduanya itu rancu atau dianggap sama karena memang visi misi itu sering disajikan bersamaan. Postingan kali ini akan menjelaskan pengertian dari visi misi dan value.

1. Visi
Visi merupakan cita-cita atau impian yang ingin dicapai. Dalam bahasa inggris sering dinyatakan dengan pernyataan "want to be". Untuk perusahaan, visi dapat digunakan sebagai :
  • Penyatuan tujuan, arah dan sasaran perusahaan.
  • Dasar untuk pemanfaatan dan alokasi sumber daya serta pengendaliannya
  • Pembentuk dan pembangun budaya perusahaan (corporate culture)
2. Misi
Misi singkatnya merupakan upaya untuk mencapai visi. Dalam bahasa inggris sering dinyatakan dengan "why we exist/ what we believe we can do". Menurut Drucker misi merupakan alasan mendasar eksistensi suatu organisasi, terutama ditingkat unit bisnis menentukan batas dan maksud aktivitas bisnis perusahaan.

3. Value
Value merupakan motto hidup untuk mencapai visi dan misi. Motto adalah semboyan yang merupakan cerminan jiwa, semangat dan tekad yang menjadi langkah dasar dan gerak seseorang atau perusahaan.

Jadi tidak hanya perusahaan saja yang mempunyai visi, misi dan value.. Mengingat pentinganya hal tersebut, maka setiap orang juga harus mempunyai 3 kata tersebut agar hidupnya lebih berarti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Loading
mynameiszulva.blogspot.com